Home » » Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke

Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke

Tusuk Jarum untuk Awal Penanganan Stroke? Benarkah? Atau Hoax?

Mungkin banyak pembaca pernah membaca tulisan yang beredar di media sosial seperti FB, Twitter, blog, atau website lain mengenai tusuk jarum sebagai pertolongan pertama pada pasien stroke. Apakah hal tersebut benar atau sekadar hoax/mitos belaka? Untuk lebih lanjut, baca sampe selesai deh!

Nah sekarang saya akan jelaskan sedikit tentang stroke,
Stroke merupakan kondisi gawat darutat pada saraf.

Penyebab Stroke ditandai dengan gejala seperti kelemahan pada satu sisi tubuh, wajah miring ke satu sisi, dan sulit berbicara. Gejala-gejala tersebut umumnya muncul secara tiba-tiba. Kelainan ini secara garis besar dapat disebabkan oleh sumbatan di pembuluh darah otak (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah di otak (stroke hemoragik).

Pertolongan pada Stroke

Apabila merasakan atau menemukan kerabat dengan gejala stroke, maka harus segera dibawa ke rumah sakit. Sebisa mungkin, rumah sakit yang dituju setidaknya memiliki fasilitas CT Scan. Dengan adanya CT Scan, tenaga medis dapat mengetahui jenis stroke yang dialami pasien. Hal ini sangat penting karena pertolongan pada stroke iskemik dan stroke hemoragik berbeda.

Pada stroke iskemik, tujuan pertolongan adalah untuk menghancurkan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah otak. Metode yang umum dilakukan adalah dengan obat, bisa juga dengan prosedur endovaskular. Sementara itu, pada stroke hemoragik tujuan utama pengobatan adalah menghentikan perdarahan.

Tusuk Jarum pada Pertolongan Stroke

Tidak ada referensi resmi yang menyarankan metode ini untuk pertolongan pertama pada pasien stroke (Sekali lagi, TIDAK ADA!) . Pada pasien stroke iskemik, metode ini jelas-jelas tidak bermanfaat untuk menghancurkan sumbatan yang ada di otak karena tidak ada hubungan sama sekali (Ingat! TIDAK BERMANFAAT dan TIDAK BERKAITAN)

Pada kasus stroke hemoragik, memang benar bahwa pasien umumnya memiliki tekanan darah yang tinggi sehingga pembuluh darah otak menjadi pecah. Namun, mengeluarkan darah melalui ujung jari tidak bisa menurunkan tekanan darah dan menghentikan perdarahan di otak. Hal ini karena darah yang dikeluarkan dengan menusukkan jarum di ujung jari sangat sedikit sehingga tidak memberikan efek yang bermakna terhadap tekanan darah.

Selain itu, otak manusia mendapatkan 20% suplai darah dari pompa jantung dan tubuh akan selalu berupaya mempertahankan jumlah ini. Jadi, biarpun kita sudah mengeluarkan darah pasien, jantung akan tetap memompa darah ke otak.

Bahaya Tindakan Tusuk Jarum pada Pertolongan Stroke

Selain tidak memberikan manfaat baik pada pasien, ternyata tindakan tusuk jarum ini juga memberikan dampak buruk kepada pasien. Dampak buruk tersebut adalah pasien terlambat mendapatkan pertolongan yang benar karena waktu terbuang percuma untuk mensterilkan jarum dan melakukan penusukan proses penusukan menimbulkan luka dan dapat menyebabkan infeksi

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya bahwa menusuk jari dengan jarum pada pasien stroke tidak bermanfaat dan justru dapat mencelakakan pasien. Apabila menemukan pasien dengan gejala stroke, pertolongan yang dapat kita berikan adalah membawa penderita secepat mungkin ke rumah sakit. Ini hanya HOAX / MITOS

Sekali lagi saya tekankan TIDAK BERMANFAAT, DAN TIDAK ADA HUBUNGANNYA! Atau malah MEMBAHAYAKAN

Semoga dengan tertulisnya artikel ini bisa bermanfaat dan pembaca tidak asal percaya dengan mitos, terutama tentang penyakit, lebih baik tanyakan langsung pada ahlinya ya!.. salam.

Referensi:
American Stroke Association

Sumber artikel : beranisehat

0 komentar:

Posting Komentar